Home » » Buku 1330 Babasan dan Paribasa Bahasa Sunda

Buku 1330 Babasan dan Paribasa Bahasa Sunda

ISBN              : 978-979-071-113-6
Penulis            : Candra T. Munawar.
Tebal               : 168 hlm.
Isi                    : HVS
Jenis Cetakan  : BW
Ukuran            : 14,5 x 20,5 cm.
harga                : Rp 20.000  

 Dalam setiap bahasa ada yang disebut dengan ungkapan dan peribahasa. Demikian juga dalam bahasa Sunda, dikenal dengan sebutan babasan dan paribasa. Babasan adalah gabungan kata yang maknanya tidak sama dengan gabungan makna anggota-anggotanya atau kata/frasa yang mengandung arti kiasan. Adapun paribasa adalah kelompok kata atau kalimat yang menyatakan suatu maksud, keadaan seseorang, atau hal yang mengungkapkan kelakuan, perbuatan, atau hal yang mengenai diri seseorang.
Tidak banyak buku mengenai bahasa Sunda yang ditulis dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia. Buku 1330 Babasan dan Paribasa Bahasa Sunda ini adalah salah satu pengecualiannya. Di dalamnya, penulis mencoba menginventarisasi hazanah babasan dan paribasa bahasa Sunda yang berkembang di masyarakat, yang terkumpul jumlahnya sebanyak 1.330. Setiap babasan dan paribasa diberikan penjelasannya dalam bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia. Buku ini gerguna sekali untuk dimanfaatkan oleh para pelajar, mahasiswa, dan umumnya masyarakat pecinta bahasa Sunda.


Sekilas tentang penulis.......
Candra T. Munawar
Dilahirkan di Ciamis, 23 Agustus 1983. Anak pertama dari pasangan Tata Supriatna dan Nining Kurniasih. Sekolah di SDN Rawa I (1989-1995), SMPN Lumbung (1995-1998), SMUN 1 Ciamis (19981999), SMUN 1 Kawali (2000-2001), dan di tahun 2009 meraih gelar Sarjana Sastra (S.S.) dengan yudisium Cum Laude (dengan pujian) pada Jurusan Sastra Sunda, Fakultas Sastra, Universitas Padjadjaran.
Kini tinggal di Bandung bersama istrinya, Tinawati Pramurniati, dan telah dikarunia dua orang anak: Satya Pratama Munawar (Alm.) dan Muhammad Dwiputra Munawar. Menjalani kesehariannya sebagai penulis dan editor di penerbit Nuansa Aulia. Buku 1330 Babasan dan Paribasa Bahasa Sunda  ini merupakan buku keduanya. Buku pertamanya, Panduan Baca Tulis Aksara Sunda, diterbitkan oleh penerbit Yrama Widya. Segera terbit buku ketiganya, Kamus Umum Bahasa Sunda-Indonesia dan Indonesia-Sunda, oleh penerbit Nuansa Aulia.

Hubungi kami untuk mendapatkan Buku ini.

Marketing Buku
Topics :

Entri Populer