Home » » HPU. Perlindungan Anak

HPU. Perlindungan Anak


Anak merupakan amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Di dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya. Idealnya, anak merupakan anugerah terbesar dari Tuhan bagi pasangan suami istri sebagai pelengkap dalam kebahagiaan rumah tangga mereka seingga sang anak diperlakukan layaknya manusia seutuhnya sesuai dengan haknya. Namun pada zaman sekarang ini, tepatnya di saat kemiskinan merajalela dan masalah-masalah sosial dan ekonomi menjadi kendala yang berarti dalam kehidupan, anak-anak yang suatu saat menjadi generasi penerus bangsa diperlakukan tidak adil. Anak-anak di bawah umur yang seharusnya berada dalam kehangatan kasih sayang orang tuanya turun ke jalan untuk mencari sesuap nasi di bawah pengawasan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, bahkan terkadang orang tuanya sendiri. Kini, perlakuan semena-mena terhadap anak-anak semakin meningkat. Hak-hak mereka untuk memperoleh kehidupan yang layak, pendidikan, dan sebagainya seolah-olah diabaikan. Anak-anak bangsa hidup dalam tekanan dan belenggu kebodohan seperti halnya pada zaman penjajahan. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka lahirlah sejumlah peraturan perundang-undangan yang memberikan perlindungan terhadap anak-anak, di antaranya adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Dalam upaya menyebarluaskan sejumlah peraturan perundang-undangan tentang perlindungan anak ke khalayak masyarakat, penerbit Nuansa Aulia dengan bangga mempersembahkan buku Himpunan Peraturan Perundang-undangan Tentang Perlindungan Anak yang disusun oleh Tim Redaksi Nuansa Aulia. Dalam buku ini disajikan sejumlah peraturan perundang-undangan tentang perlindungan anak, di antaranya adalah UU No. 23 Tahun 2003 tentang Perlindungan Anak, UU No. 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak, PP No. 2 Tahun 1988 tentang Usaha Kesejahteraan Anak bagi Anak yang Mempunyai Masalah, Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan No. 3 Tahun 2008 tentang Pedoman Pelaksanaan Perlindungan Anak, Keppres No. 77 Tahun 2003 tentang Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Keppres No. 59 Tahun 2002 tentang Rencana Aksi Nasional Penghapusan Bentuk-Bentuk Pekerjaan Terburuk untuk Anak, Keppres No. 87 Tahun 2002 tentang Rencana Aksi Nasional Penghapusan Eksploitasi Seksual Komersial Anak, dan Keppres No. 88 Tahun 2002 tentang Rencana Aksi Nasional Penghapusan Perdagangan (Trafiking) Perempuan dan Anak.
Harapan kami semoga dengan kehadiran buku ini membawa manfaat yang besar bagi anak-anak Indonesia. Segeralah miliki buku Himpunan Peraturan Perundang-undangan Tentang Perlindungan Anak ini untuk melengkapi koleksi perpustakaan pribadi Anda. Selamat membeli dan membaca.

Marketing Buku
Topics :

Entri Populer